Lima Proyek Tender IKN Akan Diteken PUPR Pekan Depan, Ini Rinciannya

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan meneken kontrak 5 proyek pembangunan infrastruktur di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang telah ditenderkan pada pekan depan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan kegiatan tersebut telah dilaporkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dia mengatakan anggaran untuk meneken kontrak itu disebut telah siap dan telah masuk dalam daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA).

Basuki memaparkan akan ada 5 tender yang diteken yakni kontrak pemetaan lahan, 2 kontrak pembangunan jalan tol, 1 jalan nasional, dan 1 infrastruktur sumber daya air (SDA).

“Tetap kita akan minggu depan tanda tangan kontrak dan langsung bekerja,” ujar Basuki di Jakarta, Selasa 23 Agustus 2022.

Basuki menambahkan, pada akhir pekan ini pihaknya akan memberikan pelatihan kepada 1.565 pekerja konstruksi yang berasal dari dalam negeri untuk persiapan pembangunan di IKN.

Di sisi lain, Basuki masih tidak dapat memastikan apakan proses pembangunan di IKN akan ditandai dengan prosesi groundbreaking.

Pasalnya, berdasarkan kebiasaan sebelumnya, Presiden Jokowi tidak pernah melakukan prosesi tersebut.

“Grounbreaking itu selama beberapa tahun jadi menteri PUPR, Pak Presiden tidak suka, beliau lebih suka meninjau pekerjaan yang sudah berjalan,” ungkapnya.

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *